Faktor yang mempengaruhi Organisasi Sekolah

Pentingnya Organisasi Sekolah
Organisasi adalah aktifitas dalam membagi-bagi, menggolong-golongkan pekerjaan, memberi wewenang, menetapkan saluran pemerintahan dan tanggung jawab kepada para pelaksana. Pada umumnya dapat diartikan member struktur atau susunan yankni dalam penyusunan/penempatan orang-orang dalam suatu kelompok kerjasama, dengan maksud menempatkan hubungan antara orang-orang dengan kewajiban-kewajiban, hak-hak dan tanggung jawab itu dimaksudkan agar tersusun suatu pola kegiatan untuk mencapai kearah tercapainya tujuan bersama.
Organisasi sekolah yang baik menghendaki agr tugas-tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan penyelenggaraan sekolah unutk mencapai tujuannya dibagi secara merata dengan baik sesuai dengan kemampuan, fungsi, dan wewenang yang telah ditentukan. Dengan oraganisasi yang baik dapat dihindari tindakan kepala sekolah yang akan menunjukan kekuasaan yang berebihan (otoriter); Susana kerja dapat lebih berjiwa demokratis karena timbulnya partisipasi aktif adari semua pihak yang bertanggung jawab. Partisipasi aktif yang mendidik (pedagogis) dapat digiatkan melalui kegairahan murid sendiri yang bergerak dengan wadah OSIS
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam Menyusun Organisasi Sekolah
Sebenarnya pedoman untuk menyusun organisasi sekolah yang baik tidak mudah ditentukan. Perbedaan sekolah yang lainnya adalah salah bastu penyebab kesulitan itu. Tetaoi sangat mungkin apabila sekilah yang sejenis mempunyai organisasi yang sama atau seragam dalam hal struktur atau susunannya.
Dibawah ini kami kemukakan beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan susunan yang mempengaruhi perbedaan susunan organisasi sekolah:
1.    Tingkat Sekolah
2.    Jenis Sekolah
3.    Besar kecilnya sekolah
4.    Letak dan lingkungan sekolah.

Contoh Susunan Organisasi Sekolah
Susunan organisasi sekolah kami ambilkan beberapa jenis dan tingkatan sekolah, meliputi
1.    Susunan organisasi sebuah SD.
2.    Susunan organisasi sebuah SMP.
3.    Susunan organisasi sebuah SMA.

Artikel Terkait :

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s