Dialog

saya sering melihat banyak sekarang acara dialog di berbagai media terutama tv. di tv yang selalu menyiarkan berita hampir semua menayangkan acara dialog. tujuan dari diadakannya dialog adalah mencari seuatu kebenaran. akan tetapi mencari kebenaran hanya salah satu fungsi dari adanya dialog.

dialog berasal dari bahasa latin “dialogus” dia berarti antara legein berarti bercakap, jadi dialog adalah pertukaran ide-ide,pemikiran,pandangan dan lain-lain dari beberapa orang dengan tujuan menyamakan pikiran untuk mencapai keadaan harmonis.

manusia itu pada dasarnya berbeda dari pikiran,warnna kulit,ras,bangsa,negara dan lain-lain. maka dari itu manusia cenderung mencari persamaan untuk keadaan yang haarmonis. ada dua cara untuk mencapai persamaan/kesepakatan tersebut.
1. cara kekerasan, dengan cara kekerasan seseorang yang lebih kuat akan mempersamakan diantara perbedaan dengan satu pihak tanpa adanya pendapat dari yang lain, i8ni biasanya berhubungan dengan kekerasan fisik, akan tetapi apakah efektif? tentu tidak karena pemikiran seseorang tidak akan dapat dipaksa oleh kekerasan. fisik dapat dipaksa oleh kekerasan kerena fisik materi. akan tetapi pemikiran tidak.

2. cara berembuk, dengan berembuk perbedaan itu dibicarakan bersama dengan mengambil setiap opini dari masing-masing individu sehingga ada saling isi pendapat dalam perembukan sehingga dapat ditarik kesimpulan kesepakatan bersama yaitu persamaan pendapat dari setiap individu tersebut.

nah cara terakhir ini yang disebut juga dengan dialog, di dalam dialog setiap individu membuka pikiran dan hati mereka untuk menerima setiap pendapat dan menghasilkan keputusan dengan hal tersebut maka kita bisa dapatkan kebenaran dan kesepakatan bersama. jadi perbanyaklah dialog, bahkan socrates memiliki epistemologi dialektika mencari ilmu dengan dialog. Dialog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s