TKI atau Budak ?

saat ini sering kita mendengar berita mengenai kekerasan oleh beberapa negara timur tengah terhadap TKI kita. bahkan ada yang curiga bahwa pengiriman TKI kesana bukan bertujuan untuk mempekerjakan orang sebagai pembantu rumah tangga, akan tetapi sebagai budak. maka dari itu harus dapat kita bedakan antara “pembantu” dengan “budak”

budak itu ialah status dimana nyawa dan raganya ada ditangan tuannya sampai tuannya memerdekakannya maka budak tersebut baru mendapatkan haknya sebagai manusia. maka dari itu budak dianggap lebih sebagai barang dibandingkan manusia

This slideshow requires JavaScript.

sedangkan pembantu hanyalah sebuah pekerjaan, dimana pekerjaan itu membantu seorang majikan dalam mengurus rumah tangga. pembantu memiliki hak sebagaimana manusia biasa karena “pembantu” ialah pekerjaan bukanlah status sebagaimana budak. jadi kehidupan dan hak-haknya juga dijamin oleh negara.

islam melarang dan selalu menganjurkan untuk menghapuskan perbudakan, walaupun jika kita melihat sejarah lebih jauh kita dapati sesungguhnya masih ada perbudakan di zaman itu, akan tetapi kita harus melihat konteksnya, dimana disaat itulah perbudakan adalah hal yang biasa dan maklum orang melihatnya. insya allah akan saya bahas mengenai masalah budak dalam islam dalam tulisan yang lain.

sekarang perbudakan dianggap tidak manusiawi oleh umat manusia, ini lah buktinya bahwa keadilan manusia selalu meningkatdari zaman ke zaman.

Islam yang seperti tadi dijelaskan ingin menghapuskan perbudakan maka seharusnya negara yang mengaku “ISLAM” harusnya menjunjung tinggi nilai-nilai islam bukan menciptakan citra yang buruk dalam islam

2 thoughts on “TKI atau Budak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s