Athena (dewi kebijaksanaan)

Athena adalah Dewi Kebijaksanaan, Perang, dan Kerajinan.. Ia sering digambarkan sebagai seorang wanita yang mengenakan baju perang, lengkap dengan perisai, tombak dan helm.. tapi helm yang dia pakai sering nampak ditarik ke belakang.. itu untuk menunjukkan keanggunannya sebagai wanita..

> Kelahiran

Mari kita flashback lagi ke masa perlawanan Zeus kepada Cronus (Kronos).. Di masa itu, Zeus berkonsultasi dengan seorang Titan wanita (Titaness/Titan Goddess) yang bernama Metis.. Metis lah yang membuatkan minuman yang bisa menyebabkan Cronus memuntahkan anak-anaknya yang dulu ia telan..

Setelah Titanomachy selesai, Zeus menikahi Metis.. Ketika Metis hamil, Ia mendapatkan sebuah ramalan yang mengatakan bahwa akan ada anak laki-lakinya yang bakal menjatuhkan dia dari tahta Olympia..

Karena takut anak yang sedang dikandung oleh Metis nantinya akan menjatuhkannya dari tahta, akhirnya Zeus menelan Metis hidup2..
Awalnya hal itu merupakan ide cemerlang bagi Zeus.. namuun, di kemudian harinya, kejadian penelanan Metis ini malah membawa sebuah rasa sakit yang amat sangat kepada Zeus..

Beberapa tahun setelah Zeus menelan Metis, beliau mengalami Sakit kepala yang sangat dahsyat!! begitu dahsyatnya sampai-sampai ia memerintahkan kepada Prometheus untuk membelah kepalanya hingga terbuka..

Spoiler for Birth of Athena:

Setelah kepala Zeus terbelah, dari dalam tengkoraknya, keluarlah seorang gadis cantik lengkap dengan pakaian perang keemasan.. Dalam sekejab, Zeus pun menyayangi anak yang lahir dari kepalanya ini, dan menamainya Athena.. Zeus sangat menyayanginya hingga ia memberikannya Perisai Ajaibnya, dan mempercayainya dengan rahasia penyimpanan Petir zeus..

> Peranan

Peranan Athena dalam Mitologi Yunani cukup banyak, namun karena Athena termasuk salah satu Virgin Goddess, dewi yang cukup kuat untuk tidak terperangkap dalam kekuatan Aphrodite, dalam mitos-mitos yang berkaitan dengan beliau, tidak ada yang berkaitan tentang percintaan..

Athena dikenal juga sebagai Dewi Pelindung Para Pahlawan Yunani.. maka dari itu, kisah-kisahnya banyak yang berkaitan dengan para pahlawan yunani.. dan Pahlawan yang paling disukainya adalah Odysseus..

Perannya dalam peperangan lebih cenderung sebagai mediator pencegah peperangan, namun jika peperangan sudah terlanjur terjadi, ia akan bertarung dan memberikan kemenangan pada pihak yang didukungnya..
seperti yang terjadi pada perang Troy.. dimana pada awalnya, ketika pasukan Yunani telah mengepung Kota Troy, ia turun menengahi dan memerintahkan kedua pihak untuk tidak bertempur.. Namun salah satu pemanah Troy malah melepaskan anak panahnya dan memulai pertempuran..

Dikecewakan oleh ketidak patuhan pihak Troy, Athena pun membantu sekuat tenaga agar pihak Yunani memenangkan pertempuran.. Ingat tentang Trojan Horse? itu adalah Ide dari Athena yang ia bisikkan pada Odysseus..

diantara seluruh mitos-mitos yang terkait dengannya, saya akan bahas dua buah cerita yang cukup terkenal.. (yang belum dibahas mungkin akan dibahas di lain waktu.. hehe)

1. Kota Athens

Spoiler for Athens:

Suatu hari, Poseidon dan Athena melihat suatu kota kecil yang sangat indah di sebuah dataran tinggi.. Kota itu demikian indahnya sehingga Poseidon dan Athena ingin menjadi pelindung kota itu..

Poseidon mengaku bahwa ia yang pertama kali menemukan kota itu.. Demikian juga halnya dengan Athena.. Akhirnya terjadilah perselisihan antara dua Dewa tersebut memperebutkan kota yang indah itu..

Untuk mencegah perselisihan yang lebih lanjut, maka ditunjuklah seorang manusia dari kota itu.. Orang itu bernama Kekrops..

Kekrops mengatakan bahwa yang berhak untuk menjadi dewa pelindung kota tersebut adalah dewa yang memberikan hadiah yang berharga untuk kota itu..

Poseidon memukulkan trisulanya ke tebing kota itu, dan dari sana memancarlah sebuah air mancur yang indah.. (sumber lain mengatakan bahwa Poseidon memberikan hadiah berupa Kuda yang cantik)
Sementara itu, Athena menciptakan Pohon Zaitun untuk kota itu.. Pohon itu indah dan rindang.. Buahnya dapat digunakan untuk membuat minyak zaitun yang kemudian bisa digunakan untuk memasak, bahan bakar lentera, sabun mandi, parfum dan lainnya..

Penduduk kota memilih hadiah dari Athena, dan untuk menghormatinya maka kota itu pun diberi nama “ATHENS”

2. Athena dan Arachne

Dahulu kala di sebuah kota di Yunani, hiduplah seorang gadis cantik yang memiliki bakat menenun dengan sangaat indah.. Bukan hanya hasil karyanya, namun cara dia menenun pun sangat cantik, bahkan para Nymph akan meninggalkan hutan dan mata air hanya untuk melihatnya menenun dan menikmati karyanya.. Namanya adalah Arachne..

Ia mengambil gulungan benang wol yang kusut, kemudian dengan telaten mengurainya.. dan membentuknya menjadi halus dan ringan seperti awan.. Setiap gerakan tangannya sangat piawai dalam mengatur belitan, jahitan, dan pola-pola dalam tenunannya.. Saking indahnya tenunan gadis itu, banyak orang yang mengatakan bahwa Dewi Athena sendiri lah yang melatihnya menenun..

Namun Arachne bereaksi keras terhadap kata-kata itu.. Ia menolak jika ia dianggap sebagai murid dari Athena.. bahkan ia berkata bahwa kemampuan menenunnya mampu mengalahkan athena dan ia juga menantang secara terbuka dewi Athena untuk mengadu skill menenun dengannya..

Athena mendengar kesombongan Arachne, namun ia masih ingin memberikan kesempatan bertobat pada Arachne.. Athena pun mendatangi Arachne yang sedang menenun dalam wujud seorang wanita tua..

Wanita tua itu berkata, “Tenunan mu memang sangat indah, tapi dengarkanlah saranku.. Kau boleh menantang sesama manusia untuk mengadu kemampuan menenun semaumu, namun janganlah menantang Dewi.. Malah menurutku sebaiknya kau meminta maaf kepada Dewi Athena atas kata-katamu sebelumnya.. Ia sangat bijak dan pemaaf, kau mungkin masih bisa dimaafkannya..”

Arachne langsung berhenti menenun, kemudian berteriak kepada wanita tua itu, “SIMPAN SAJA SARANMU UNTUK ANAK CUCUMU NENEK TUA!! AKU TAHU APA YANG AKU KATAKAN DAN AKU TIDAK AKAN MENCABUTNYA!! AKU TIDAK TAKUT DENGAN DEWI ITU, BIAR SAJA IA DATANG DAN MENCOBA MELAWANKU!!”

Athena pun melepaskan penyamarannya dan menjawab, “Tantanganmu kuterima..”

Para nymph yang ada, langsung bersujud di hadapan Athena.. demikian juga orang-orang lainnya..

Arachne gugup melihat kehadiran sang dewi, namun ia tetap melanjutkan tantangan itu..

Pertandingan antara Arachne dan Athena berlangsung seru.. benang-benang melayang ringan penuh warna dan keindahan.. Masing-masing menenun dengan sangat cepat, namun dengan gerakan yang amat cantik.. Tak lama, kain hasil tenunan mereka pun selesai..

di kain tenunan Athena, pada bagian tengahnya terdapat gambar ketika ia sedang berseteru dengan Poseidon.. Ke-duabelas Olympians semuanya tergambarkan disana.. dan di keempat sudutnya tergambarkan para dewa yang kesal dengan manusia-manusia yang pembangkang.. hal itu untuk memperingatkan lawannya agar lekas menyerah sebelum semuanya terlambat..

Sedangkan pada kain tenunan Arachne yang sangat indah, terlukiskan Zeus yang sedang berzina dan berselingkuh dengan banyak wanita..

Athena mengagumi karyanya namun sangat murka dengan apa yang terlukis diatasnya.. Ia tidak terima jika ada seorang manusia yang menjelek-jelekkan ayahnya.. Athena pun menghancurkan hasil karya Arachne..

Kemudian ia menyentuh dahi Arachne dan dengan kekuatannya Athena membuatnya merasakan rasa bersalah dan rasa malu yang amat sangat.. Tidak tahan dengan perasaan itu, Arachne langsung berlari dan menggantung dirinya..

Namun Athena merasa kasihan dengan Arachne yang tengah mati tergantung pada tali, hingga akhirnya ia berkata,

“HIDUPLAH!! wahai gadis penuh dosa!! Camkan pelajaran ini, dan kau serta keturunanmu akan terus bergantung dan melanjutkan apa yang biasa engkau lakukan!!”

Wujud Arachne perlahan berubah.. tubuhnya mengecil dan menjadi seekor hewan yang kita kenal dengan sebutan laba-laba, untuk terus menenun selama hidupnya..

 

sumber : kaskus.us

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s