Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J

Mencari Motor matic berteknologi injeksi yang irit bahan bakar dan berharga murah (ekonomis) merupakan solusi terbaik bagi konsumen sepeda motor yang ingin meletakkan nilai efisiensi sebagai prioritas utama. Faktor ini seakan tidak bisa ditawar. Apalagi isyu peningkatan harga bahan bakar dan pencemaran lingkungan sudah berada di depan mata.

Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.

Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator. Dan injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.

Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal namun sekitar 1980 mulai banyak menggunakan sistem elektronik.

Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuahunit kontrol elektronik (electronic control unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.

Berbicara tentang motor matik injeksi irit dengan harga ekonomis maka pilihan terbaik akan jatuh pada produk sepeda motor terbaru Yamaha Mio J. Model terbaru yang telah tersedia di pasar nasional ini begitu unik dengan keunggulan sesuai tagline-nya “Semakin Cepat Semakin Irit…It’s Magic.”

Keunik Mio J saja sudah dimulai dari namanya. Huruf “J” yang berada di belakang nama “Mio” merupakan awalan dari teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

Makna tagline tersebut juga sangat dalam dan menjadi kesempurnaan Mio J. Pasalnya, dengan teknologi mutakhir Yamaha itu pengguna dapat meningkatkan performa mesin dan hemat bahan bakar sampai 30 persen. Ini pula mengapa Mio J disebut “It’s Magic.”

Kata kunci lainnya buat Mio J adalah friendly (bersahabat). Artinya Mio J mudah digunakan baik oleh pria maupun wanita dari segala usia, anak-anak sampai dewasa. Desainnya pun friendly, cocok untuk siapa saja karena tidak terlalu macho atau condong ke anak-anak muda.

Mio J mudah digunakan dan ketinggian jok rendah sehingga bisa mengakomodir siapa saja. Sudah menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu membersihkan karburator. Servisnya pun cepat karena akinya kering, jadi tidak perlu dicek setiap minggu.

Untuk mereka yang butuh ruang untuk penyimpan barang tak perlu khawatir. Bagasi Mio J luasnya 8 liter, sehingga bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil.

Pengguna Mio J juga tidak perlu sering-sering ke SPBU untuk mengisi bahan bakar karena besarnya tangki Mio J yang dapat diisi 4,8 liter bahan bakar. Keunggulan lainnya adalah mudah membawa boncengan karena joknya panjang.

Performa Mio J sudah pasti terjamin keunggulannya. Hal ini berkat diaplikasinya sederet terknologi terdepan Yamaha, yaiut diasil cylinder, forged piston, dan YMJET-FI. Jadi bukan berlebihan bila Mio J lahir sebagai motor matik performa tinggi secepat jet dan selincah Mio, didukung kemampuan irit dan awet.

Spesifikasi mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Fitur penting lainnya yang terdapat pada Mio J adalah key shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan sepeda motor dari aksi pencurian. Karena itu, ketika parkir Anda tak perlu lagi gundah.

Desain Mio J secara keseluruhan pun menarik. Update sesuai zaman untuk menyesuaikan dengan konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor. Desainnya mengambil aliran garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi belakang sehingga menciptakan kesan harmonis. Sporty, canggih dan dinamis.

Permukaan bodinya tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan-lekukan yang menimbulkan efek bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi. Titik-titik menonjol Mio J secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang, spack board, leg shield dan head lamp.

Bagi kebanyakan konsumen Indonesia, memilih motor matic berteknologi injeksi tak hanya berhenti pada faktor irit bahan bakar dan berharga murah (ekonomis). Masih ada pertimbangan lain yang tak kalah penting, yaitu desain. Masalahnya tak banyak merek yang menawarkan unsur-unsur penting tersebut dalam satu paket.

Beruntung kini di pasar nasional telah tersedia skuter matic Yamaha Mio J terbaru. Dengan sepeda motor tersebut konsumen bisa meraih manfaat teknologi irit bahan bakar, harga murah, dan desain memikat. Terlebih Yamaha menyediakan dua tipe yang bisa dipilih, yaitu Mio J Family dan Mio J Teen.

Yamaha secara khusus menciptakan tipe Mio J Family untuk kalangan umum atau keluarga yang ingin tampil dinamis. Sementara Mio J Teen lebih diciptakan guna mendampingi keinginan anak-anak muda yang ingin tampil trendy penuh percaya diri.

Mio J Family sendiri berkarakter dinamis, sporti, elegan, dan simpel. Ada lima varian pilihan untuk tipe Family, yaitu warna putih, hijau, biru, hitam, dan merah. Sedangkan Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporti, dan dinamis.

Uniknya Mio J Teen didesain berdasarkan 3-tone color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp; spack board depan, cover sayap samping dan cover body belakang; cover body bagian bawah.

Aplikasi tiga warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut nyata tampak pada lima varian Mio J Teen. Varian pertama yang menjadi hero bike berwarna dasar hitam – putih – merah.

Yang lainnya berwarna hitam – hijau – abu-abu muda; putih – biru – abu-abu muda; putih – hitam – abu-abu muda; dan putih – merah – abu-abu muda.

Untuk harga on the road Jakarta, Mio J-FI dibanderol seharga Rp 11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000.

Buang jauh prasangka bahwa motor matic tidak irit. Sekarang dugaan tersebut sudah tak berlaku. Bagi Yamaha motor matic sudah bisa dibuat irit. Buktinya bisa dirasakan pada skuter matic Yamaha Mio J terbaru.

Anda bisa membuktikan tagline Mio J yang berbunyi “Semakin Cepat Semakin Irit…It’s Magic.” Tagline Mio J yang kian akrab di hati konsumen itu lahir dari keunggulan teknologi yang diaplikasikan pada skutik teranyar Yamaha tersebut. Dasar tagline ini sangat jelas, yaitu tingkat keiritan Mio J bagaikan sihir.

Poin-poin penting kelebihan Mio J bisa dilihat dari performa, dimana responsifnya tinggi dan economical atau irit. Bahkan iritnya pun masih ditambah dengan kemampuan bertahan lama.

Tak hanya itu. Mio J masih menyimpan style desain yang smart flowing line dan 10 pilihan warna untuk anak muda. Fakta ini menjadikan Mio J semakin begitu sempurna. Terlebih lagi Mio J menggunakan mesin teknologi Fuel Injection (FI) yang benar-benar baru hasil pengembangan tenaga ahli Yamaha.

Iritnya Mio J ditunjang rangkaian sistem yang diaplikasikan pada mesin, yaitu Low Friction Technology, DiAsil Cylinder dan Forged Piston, Fuel Pump dan YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection).

Low Friction Technology dikembangkan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Efek panas pada mesin pun lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik.

Hal ini diaplikasikan pada bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan effect panasnya sangat rendah.

Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.

DiAsil Cylinder dan Forged Piston memberikan manfaat kompresinya tinggi dan piston clearance stabil. Kompresi tinggi dapat dijelaskan dari material DiAsil Cylinder yang tidak full besi tapi dicampur dengan silikon sehingga saat terjadi tekanan atau kompresi, dinding DiAsil Cylinder jadi lebih dinamik (dindingnya fleksibel).

Sedangkan kestabilan piston clearance dikarenakan jarak antara Forged Piston dan dinding DiAsil Cylinder terjaga. Karena itu, jadi tidak akan terjadi kerusakan pada dinding DiAsil Cylinder dan Forged Piston.

Komponen lainnya dalam sistem mesin Mio J yang membuatnya irit adalah Fuel Pump yang sangat compact (padat), low electricity consumption (konsumsi energi listrik rendah), serta good fuel consumption (mampu mengontrol injeksi bensin dari tangki ke area mesin).

Dan pastinya, YMJET-FI yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. YMJET-FI menghasilkan pembakaran sempurna, tenaga yang maksimal namun sangat irit BBM dan ramah lingkungan.

“Motor-motor Yamaha dengan teknologi Fuel Injectionnya mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan hemat sampai 30%. Selain itu gas buangnya juga lebih ramah lingkungan.” jelas M.Abidin, Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia.

YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin dijamin lebih akurat, sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI konsumsi bahan bakar sangat efisien di putaran rendah hingga menengah.

Masih ada pula ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sangat cerdas. Sistem ini secara akurat akan menerima berbagai informasi penting dari sensor yang tertanam pada beberapa bagian penting mesin.

ECU adalah istilah umum untuk sistem yang dipasang yang mengendalikan satu atau lebih dari sistem atau subsistem listrik di kendaraan bermotor. Walau begitu, ECU tidak hanya berfungsi untuk mengatur system kelistrikan, terdapat berbagai macam tipe ECU yang mempunyai fungsi berbeda

Sebut saja, sensor TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor, serta Crank Angle Sensor. Kesemua sensor itu merespon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada injektor mesin agar menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan, sehingga tetap irit walau bertenaga penuh.

Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI, ini terletak pada posisi injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar. Kondisi teknis ini membuat aliran tidak tersumbat.

Selain itu, pada teknologi YMJET-FI juga disematkan sistem Air Assist Passage (jalur udara khusus pada sistem YMJET-FI). Sistem ini bekerja mengarahkan suplai udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.

Bahkan untuk situasi berkendara yang cenderung “ekstrem” sekalipun, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.

So, apa lagi yang musti dipertanyakan pada Mio J. Motor matic ini akan membuktikan diri sebagai sepeda motor praktis, ekonomis, dan berkemampuan tinggi.

bagi yang berminat langsung aja kunjungi websitenya www.yamaha-motor.co.id

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s