Tetris, permainan otak dari Rusia terlaris sejagat

Sejak diluncurkan pada 6 Juni 1984, Tetris menjadi permainan paling terlaris dan populer sejagat. Banyak jenis telah muncul sebagai pengembangan dari versi awal. Sudah 70 juta kopi permainan terjual sejak diluncurkan pertama kali. Sementara menurut laporan situs www.maximejohnson.com, pada 2010 sudah 100 juta pengguna telepon seluler mengunduh permainan itu.

Pada era 1980an, Tetris banyak dimainkan di media permainan komputer rumahan seperti IBM. Di akhir 1980, game elektronik ini makin populer di pasaran setelah bisa dimainkan di konsol genggam buatan Nintendo, Game Boy.

Majalah Electronic Gaming terbitan ke 100 menempatkan Tetris di peringkat satu game terhebat sepanjang masa. Sementara situs www.ign.com menempatkan permainan menyusun balok itu di peringkat dua game termasyhur sejagat.

Tetris nyaris bisa dimainkan oleh semua jenis konsol video game dari nintendo sampai Microsoft XBox 360, dan berbagai sistem operasi komputer. Bahkan kini permainan itu bisa dinikmati di telepon seluler, komputer tablet, komputer jinjing, atau gadget macam pemutar musik digital dan kamera digital.

Selain menyenangkan, Tetris juga memiliki efek lain yaitu melatih cara berpikir efisien. Menurut hasil penelitian Dr. Richard Haier, bermain Tetris juga meningkatkan daya berpikir kritis, pemahaman, bahasa, dan menambah ketebalan selaput otak.

Pembuat Tetris, Alexey Pajitnov, saban tahun selalu mengadakan kejuaraan dunia. Dia membiayai penuh kompetisi itu. Pada 8 Agustus 2010, dalam kejuaraan dunia di Amerika Serikat, Jonas Neubauer dinobatkan sebagai juara dunia setelah mengalahkan Harry Hong. Setahun kemudian dia berhasil mengulangi sukses itu.

http://www.merdeka.com/dunia/tetris-…s-sejagat.html

 

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s