Perseus 2

PERSEUS DAN ANDROMEDA

Perseus terbang dengan cepat ke arah selatan.. Esok harinya, ia terbang melintasi Gurun di Libya.. beberapa tetes darah medusa jatuh ke pasir, dan muncullah sekumpulan ular berbisa di gurun itu..
Lalu saat melewati danau Tritonis, ia membuang bola mata dan gigi para Graeae..

Ia memutari sekitar daerah palestina.. dan ketika sampai di suatu pantai dekat Tel-Aviv, ia menemukan seorang gadis yang dirantai di atas sebuah batu karang..

Gadis itu adalah Andromeda.. Putri dari Cepheus dan istrinya Casseiopeia..
Casseiopeia pernah menyombongkan bahwa dirinya dan putrinya lebih cantik dari para Sea Nymph..

Para Sea Nymph mendengarnya dan melaporkan hal tersebut pada ayah mereka, Poseidon.. Sang ayah pun marah dan mengirimkan bencana serta seekor monster laut yang bernama Ceto ke kerajaan yang dipimpin oleh Cepheus..

Ketika Cepheus berkonsultasi kepada Oracle, ia diberitahu bahwa satu2nya harapan adalah dengan mengorbankan puterinya sendiri kepada Ceto..
akhirnya Cepheus pun melakukannya.. Ia merantai putrinya di sebuah batu karang dan membiarkannya agar dimakan oleh Ceto..

Perseus yang melihat Andromeda, langsung jatuh cinta padanya.. Ia menghampiri Andromeda dan menanyakan alasan mengapa ia dirantai disana.. Awalnya, andromeda yang pemalu tidak berbicara apa-apa.. namun akhirnya ia menceritakan semuanya..

Selesai ia bercerita, Ceto pun muncul!

Perseus melihat Cepheus dan Casseiopeia memperhatikan dengan sedih dari jauh, kemudian ia menghampiri mereka.. Cepheus setuju jika Perseus berhasil menyelamatkan Andromeda, ia akan dinikahkan dengan Perseus.. dan Cepheus mempersembahkan kerajaannya sebagai mas kimpoi.. Mereka juga setuju kalau Andromeda akan dibawa ke kampung halaman Perseus..

Setelah itu, Perseus langsung terbang tinggi ke angkasa.. dan melesat memenggal kepala sang monster.. ia mengeluarkan kepala medusa, untuk berjaga-jaga kalau Ceto menoleh padanya.. namun, dengan sukses ia memenggal Ceto..

Sesudah Ceto terbunuh, Perseus mendarat, meletakkan kepala medusa secara tengkurap di atas sekumpulan rumput laut (yang seketika itu juga langsung menjadi koral), kemudian membuat tiga buah altar dan mengorbankan sapi untuk Zeus, Athena dan Hermes..

Perseus pun menghampiri Andromeda yang dengan sangat memaksa, ingin menikahi Perseus.. Tetapi Cassiopeia tidak setuju karena menganggap, pernikahan tersebut terpaksa oleh situasi dan karena Andromeda sudah dipertunangkan kepada Phineas, seorang raja..

Phineas yang saat itu hadir pun merasa kesal kepada Perseus karena hendak merebut tunangannya.. Kemudian Cassiopeia pun berteriak menyuruh orang-orang yang ada disana untuk membunuh Perseus..

Kurang lebih ada 200 orang yang menyerang Perseus bersamaan.. Karena kalah jumlah, akhirnya Perseus terpaksa menggunakan kepala Medusa.. Mengubah mereka menjadi batu..

Setahun kemudian, Perseus mengajak Andromeda untuk pulang ke Seriphos, tempat ibunda Perseus tinggal.. Saat itu, Andromeda telah melahirkan putra dari Perseus yang diberi nama Perses.. Anak mereka ditinggalkan bersama Cepheus, untuk menjadi penerus tahtanya..

Sesampainya di Seriphos, Perseus menemukan bahwa Dictys dan Danae sedang bersembunyi dari kemarahan Polydectes karena Danae menolak menikahinya.. Perseus dengan kesal bergegas mendatangi Polydectes di istananya.. Saat itu sedang ada pertemuan antara Polydectes dengan orang-orang kepercayaannya..

Perseus memasuki istana, menyatakan bahwa ia telah membawakan hadiah yang diminta oleh Polydectes.. ketika semua orang melihat ke arah Perseus, ia pun mengeluarkan kepala Medusa dari dalam kantong.. Mengubah Polydectes dan teman-temannya menjadi batu.. sampai sekarang, lingkaran batu ini masih bisa dilihat di daerah Seriphos tersebut.

Kemudian Perseus mengembalikan helm, sandal bersayap, pedang, dan kantong perang kepada Hermes.. sedangkan kepala medusa, ia persembahkan kepada Athena yang kemudian memasang kepala itu di perisainya..

Singkat cerita, Perseus memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya, Argos.. untuk menemui kakeknya yang telah membuang dirinya dan ibunya..

Mengetahui kedatangan Perseus, kakeknya, Acrisius, langsung kabur meninggalkan istana untuk mencegah terjadinya ramalan kematiannya..
akan tetapi, beberapa lama kemudian Perseus mendapat undangan untuk mengikuti lomba atletik di kota Larissa.. dan ketika ia melakukan lempar cakram, cakram tersebut langsung mengarah ke arah penonton dan mengenai seseorang.. Orang tersebut meninggal.. dan ternyata ia adalah Acrisius..
maka terpenuhilah ramalan sang Oracle..

NB: Perseus dan Andromeda, memiliki lima orang lagi anak laki-laki, Alcaeus, Sthenelus, Heleius, Mestor, and Electryon, serta seorang anak perempuan bernama Gorgophone.. Electryon, adalah kakek dari pahlawan yang kita kenal dengan sebutan Heracles (Hercules)..

sumber

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s