Zeus tukang selingkuh ?

dahulu kala, di zaman yunani kuno, masyarakat Yunani dan di negara-negara sekitarnya, hidup terpisah dalam sebuah negara-kota atau biasa disebut POLIS.. yakni suatu kota yang merupakan suatu negara/kerajaan yang terpisah antara satu kota dengan lainnya.. misalnya, Polis Sparta berdiri sendiri, berlainan dengan Polis Athens.. jadi tidak ada negara yang bernama Yunani/Greek.. Greece itu hanya merupakan suatu region saja..

Setiap negara mengembangkan mitologi masing-masing, namun masih memiliki suatu akar yang menyatukannya.. karena memang awalnya pendiri dari masing-masing kota itu berasal dari masyarakat yang sama..

ilustrasi mudahnya begini..

ada suatu kota A.. kota itu kepenuhan penduduk.. akhirnya ada seseorang yang berinisiatif.. untuk meninggalkan kota tersebut dan menjadi pioneer membangun sebuah kota yang baru.. namun setelah kota yang baru sudah berdiri, kontak dengan kota sebelumnya pun menjadi berkurang.. dan kemudian mitologi yang ada disana menjadi berkembang ke arah yang agak berbeda-beda..

setelah masyarakat terus berkembang hingga sampai pada tahap dimana pengembaraan ke berbagai kota yang dilakukan oleh para Minstrel (penyair/pendongeng) menjadi sering. Setiap minstrel membawa cerita mitologi dari daerah masing-masing..

sehingga terjadilah interaksi antara mitologi setiap kota..

minstrel dari kota Argolis berkata “Zeus menikahi Hera dan memiliki anak yakni Ares dan Hephaestus”.. Orang-orang Arcadia menjawab, “Omong kosong! Zeus tuh nikah sama Maia dan punya anak bernama Hermes!!”

“Ngomongin apa sih??” kata orang-orang Delphi atau Delos. “Istrinya Zeus tuh Leto, anaknya kembar bernama Artemis dan Apollo!!”

yaa mau dikata apa, akhirnya mereka pun harus menyetujui bahwa Zeus punya banyak istri.. Tapi mereka pada akhirnya juga setuju bahwa Zeus memiliki seorang ‘Istri Utama’ dan itu pastilah Hera, karena ia merupakan dewi yang sangat penting dalam mitologi yunani.. dan sebagai istri utama, Hera pastilah sangat pencemburu.. terlebih lagi kepada istri-istri Zeus dari golongan Mortal (manusia biasa).. Karena Zeus memiliki istri manusia hampir di setiap kota.. seperti pelaut yang dikatakan memiliki istri di setiap pelabuhan. hehehe

sumber

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s