Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan

  1. educationMazhab-mazhab dalam Filsafat Pendidikan

Brubacher mengelompokkan filsafat pendidikan menjadi 2 kelompok besar, yaitu filsafat pendidikan “progresif” dan filsafat pendidikan “konservatif”. Yang pertama didukung oleh filsafat pragmatism dari John Dewey dan romantic naturalism  dari Rousseau. Yang kedua didasari oleh filsafat idealism, realism, humanism (humanism rasional), dan supernaturalisme atau realisme religius. Filsafat-filsafat tersebut melahirkan filsafat pendidikan esensialisme dan prenialisme. Mazhab dalam Filsafat Pendidikan :

  1. Filsafat pendidikan idealism
  2. Filsafat pendidikan realism
  3. Filsafat pendidikan materialisme
  4. Filsafat pendidikan pragmatisme
  5. Filsafat pendidikan eksistensialisme
  6. Filsafat pendidikan progresivisme
  7. Filsafat pendidikan prenialisme
  8. Filsafat pendidikan esensialisme
  9. Filsafat pendidikan rekonstruktivisme[1]


[1] Moh Suhardi, 2012, Pengantar Pendidikan: Teori dan Aplikasi, Indeks, Jakarta, hal. 26-27

Artikel Terkini :

2 thoughts on “Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s