Problema Penetapan Ramadhan

image

Seringkali bahkan setiap tahun menjadi wacana yang menghebohkan bahkan dapat menimbulkan perpecahan di tubuh umat Islam yaitu perbedaan penetapan tanggal 1 Ramadhan awal puasa.

Begitu banyak ormas maupun institusi Islam yang mengambil bagian dalam penentuan penetapan tanggal 1 Ramadhan, dengan beragama metode dan hasil yang berbeda. Terkait melihat hilal. Pemerintah menetapkan bahwa minimal hilal harus 2 derajat sedangkan menurut pengamatan petang ini hanya terlihat 0,5 derajat sehingga ditetapkan puasa tanggal 10 juli 2013.

Yang menarik perhatian saya ialah begitu banyak berita dan tanggapan provokasi dari kedua belah pihak yang berbeda pendapat. Yang pertama badan pemerintahan dengan banyak ormas dan banyak institusi dibelakangnya menetapkan Ramadhan melalui sidang itsbat, dan perkataan wakil menteri agama orang dan guru yang saya hormati berujar bahwa pemerintah sebagai “ulil amri” kata2 ini mendapat kritik pedas dari Muhamadiyah yang diketuai Din Syamsudin yang memandang ulil amri merupakan orang yang ahli dalam bidang tersebut tidak harus pemerintah.

Dan berita provokasi yang mmmberitakan bahwa pemerintah mengabaikan hilal yabg terlihat di cakung lebih dari 2 derajat sengaja diabaikan oleh pemerintah. Berita2 dan website provokasi seperti banyak menimbulkan percikan-percikan perpecahan. Sesuatu yang harusnya dimaknai sebagai kekayaan keragaman dirusak menjadi sebuah ajang pertarungan demi membela kebenaran subjektifitas dengan mengorbankan kebenaran transendental.

Merdeka dan kebebasan akan menjadi boomerang bagi umat Muslim selama umat Islam tidak dapat menerima perbedaan dan menyikapi perbedaa  sebagai rahmat dan kekayaan. Karena kemerdekaan dan kebebasan meniscayakan sebuah perbedaan yang pasti terjadi di kalangan yang berbeda. Saya teringat kata-kata seorang ulama besar yang sangat saya sayangkan sikapnya selama ini yang cenderung tendesius. Syaikh Yusuf Qardhawi berkata kebebasan sebelum syariat

3 thoughts on “Problema Penetapan Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s