Ledakan Haji

image

Pada zaman ini kita dapat melihat bahwa dunia semakin kebanjiran penduduk. Segala program telah dicanangkan oleh pemerintah untuk mengatasi ledakan penduduk yang terjadi. Terutama di negara-negara besar seperti Indonesia yang memiliki jumlah muslim terbanyak di dunia (muslim secara identitas).

Ibdaha haji merupakan ibadah wajib (mampu) di dalam ajaran Islam baik sunni maupun syiah sepakat bahwa haji dijalankan di mekkah yang kini ada di saudi arabia sebuah negara monarki absolut yang mengatasnamakan Islam akan tetapi tidak merepresentasikan Ke-Islaman. Islam tidak mengenal kerajaan Rasul saww tidak membentuk sebuah kerjaan dalam masa pemerintahan.

Saya tidak ingin membahas mengenai peeerintahan saudi secara khusus akan tetapi saya ingin menyorot permasalahan ibadah “Haji” yang selama ini menjadi problema umat Muslim di dunia. Semakin lama semakin sedikit kuota haji setiap negara. Mengapa hal itu dapat terjadi? Karena tempat nya sama sedangkan penduduk bumi atau umat Islam semakin bertambah. Apakah hanya dengan pelebaran masjidil haram sekarang ini lantas sudah menyelsaikan masalah?

Saya coba memahami fenomena haji yang merupakan ibadah tahunan, solusi yang paling mendasar adalah bahwa fakta yang di dapat bahwa 2/3 dari para haji merupakan orang-orang yang sudah berhaji beberapa kali sedangkan sisanya barulah haji yang murni untuk pertama kalinya, sehingga seharusnya pemerintah dapat mengeluarkan aturan bahwa haji cukup 1 kali sehingga tidak menimbulkan mudharat pada yang belum. Jika ingin kembali ke kota suci tidak harus haji akan tetapi bisa dibulan umroh sehingga memberikan kesempatan pada yang lain

Pengelolaan haji atau kota mekkah dan madinah merupakan kota umat muslim seharusnya pengelolaan ada di tangan selurub kaum muslim bukan pemerintah saudi sendiri, sehingga kebijakan-kebijakan yang diambil terkesan subjektif seperti banyak peninggalan sejarah yang dihancurkan di dua kota suci tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s