Ilmu pengetahuan dan Agama

image

Manusia merupakan makhluk yang unik sekaligus mengandung sejuta misteri, begitu banyak ajaran yang membahas mengenai manusia, bagi seorang filosof manusia dianggap sebagai hewan yang berakal. Sedangkan begitu banyak definisi lain dari para pemikir mendefinisikan apa itu manusia.

Menarik dari pemikiran murtadha muthahhari membedakan antara manusia dengan hewan lainnya dari ilmu pengetahuan dan agama yang tidak dimiliki oleh selain manusia.

“jika kita mau mendapatkan ungkapan yang mencakup semua perbedaan mendasarnya, maka harus kita katakan bahwa manusia adalah binatang yang berpengtahuan dan beragama”
(Muthahhari, Murtadha. 2008, Manusia dan Alam Semesta, Jakarta, Lentera, hal. 5)

Saya ingin mengambil contoh hubungan antara ilmu pengetahuan dengan agama di 2 agama besar yaitu Kristiani dan Islam.

Dalam kristiani kita dapat mengatakan zaman terbagi 2 ada zaman agama dan zaman ilmu pengetahuan, mengapa kedua nya terpisah dan ada dikotomi antara keduanya bahkan saling berhadapan, ilmu pengetahuan sering dijadikan kontradiksi dari agama. Sebagaimana dalam kitab kejadian, Bab 2 ayat 16-17 “kisah adam dan pohon terlarang” begitu juga ayat 1-7 dan ayat 22-23. Bahkan di zaman agama ada istilah “extra ecclesiam nulla sallus” tidak ada kebenaran diluar gereja

Sedangkan dalam Islam kita dapat membagi antara zaman kemajuan ilmu pengetahuan dan zaman kemunduran ilmu pengetahuan, tidak ada pertentangan dalam Al-Quran walaupun beberapa orientalis memahami bahwa banyak ayat al quran yang bertentangan dengan Sains terlepas dari itu saya tidak akan fokus membicarakan itu.

Yang menarik apakah agama dan ilmu pengetahuan benar-benar terpisah? Atau agama membawa kita pada satu hal sedangkan ilmu pengetahuan membawa pada hal lainnya? Atau ada integrasi antara ilmu pengetahuan dan agama yang membawa kita pada jawaban yang universal?

Akan saya bahas pada tulisan selanjutnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s