ARAB PRA ISLAM

29111_1276642317234_1265272274_30641447_7165835_nBACKGROUND
Group arab adalah kelompok ethnic yang tersebar dari Arab sampai Afrika yang terdiri atas kristen dan yahudi
  • Terdiri dari suku-suku nomaden, tapi ada sedikit yang menetap di Mekah
  • Menjalani kehidupan dengan unta dan ternak
  • Kehidupan suku-suku ditentukan oleh geografis (ada hujan-sangat sedikit hujan)
  • Sebuah suku yang kuat akan mempertahankan haknya dengan kekuasaan
  • Selama berabad-abad suku badui di kawasan hijjaz dan nejad telah hidup dalam persaingan untuk berebut kebutuhan pokok
Ideologi Muru’ah
Ideologi muru’ah, suatu konsep yang banyak mengandung konsep agama untuk menanamkan semangat komunal, muru’ah sering diterjemahkan sebagai “kejantanan”=keberanian dalam peperangan;kesabaran dalam penderitaan;kesetiaan mutlak kepada suku, Nilai-nilai muru’ah menuntut orang arab untuk mematuhi sayyid/pemimpinnya setiap saat tanpa peduli keselamatan dirinya sendiri, Kelebihan muru’ah=lebih menekankan egaliter;jauh dari mater
Era Jahiliyah
  • Periode sebelum islam=era jahiliyah (kebodohan dan kekosongan spiritual)
  • Wilayah arab dikepung sisi modern (suriah-irak)
  • “sifat pasir yang tak mau menyatu”
  • Bangsa arab tidak dapat menentukan nasibnya sendiri tetapi mereka justru senantiasa terbuka untuk dieksploitasi oleh kekuatan-kekuatan besar
Kondisi Keagamaan Masyarakat Jahiliyah
  • Politeisme-paganisme
  • Di arab tengah, agama primitif masih eksis
  • gua dan batu dianggap suci (bangsa semit)
  • Sebuah pusat peribadatan batu adalah mekah, tempat hajar aswad (batu hitam) di sebelah tenggara ka’bah yang merupakan tujuan untuk haji tahunan
  • Terdapat wilayah yahudi dekat madinah
  • Yudaisme dan kristen tidak mengalami kemajuan di arab, biar pun mereka lebih unggul dari paganisme
  • Mereka menyadari adanya erosi cultural sehingga mereka tidak mau menerima ideologi baru (yahudi & kristen) itulah sebabnya paganisme tetap eksis
Setelah ekonomi pasar mulai terbentuk, pandangan orang arab mulai berubah, banyak yang masih puas pada ajaran kuno menyembah berhala, tapi terus berkembang kepada monoteisme, Millah Ibrahim, disebut golongan hanifiyah, yang percaya pada monoteisme, Islam lahir/diterima pertama oleh hanif (pengikut Ibrahim; bukan yahudi dan kristen), Hanif merindukan Tuhan yang sesungguhnya dan ini bersambut dengan kedatangan sang Nabi
Arab dengan konsep muru’ahnya→adanya golongan hanifiyah→lahirnya Nabi Muhammad→terjawab di gua hira
MUHAMMAD PERIODE MEKAH
Muhammad sebelum kenabian
Kaum ahlul kitab (yahudi dan nasrani) telah mempelajari berita akan kedatangan seorang Nabi, akan tetapi setelah Nabi itu datang mereka dengki, iri hati dan mengingkarinya, Muhammad dikenal sebagai seorang pedagang yang penting dan dihormati di mekah, yang berasal dari keluarga mapan,Bani Hasyim (anggota quraisy, suku yang berkuasa di mekah), melerai pertengkaran Quraisy mengenai penempatan Hajar Aswad, Mendapat gelar al-amin di kalangan jahiliyah.
Awal kenabian
Tahannus Nabi, Nabi suka menarik diri dari keramaian masyarakat, menyendiri, dan beribadah. Menuju pengasingan spiritual ke sebuah gua, yakni gua hira yang terletak beberapa kilometer dari utara kota mekah
  • Turunnya ayat Al Quran
  • Waraqah bin Naufal, seorang nasrani dan pemikir quraisy
  • Khadijah beriman kepada Muhammad
  • Malikat Jibril mengajarkan wudhu dan shalat
  • Masa kekosongan wahyu
  • Wahyu kedua
  • M.Quraish Shihab dalam bukunya Membumikan Al Quran, menjelaskan wahyu yang turun setelah masa kekosongan dimaksudkan sebagai pendidikan dalam membentuk kepribadiannya,bimbingan untuk memantapkan hatinya, dan pengajaran demi suksesnya dakwah kemudian
  • Perintah untuk berdakwah
  • Pengetahuan wahyu Nabi sebelum berdakwah adalah pengetahuan tentang sifat Allah SWT, dan keterangan tentang akhlak islam serta bantahan terhadap pandangan hidup masyarakat jahiliya
Permulaan dakwah
Dakwah kepada keluarga terdekat, “Dan berilah peringatan kepada kaum kerabatmu yang terdekat.” (QS. Asy-Syu’ara: 214), Nabi mengundang sekitar empat puluh kerabat terdekatnya, (Abu Thalib, Hamzah, Abbas, dan Abu Lahab) kemudian nabi menyampaikan maksudnya sampai akhirnya hanya Ali yang menerimanya, Orang pertama yang masuk islam setelah khadijah adalah Ali bin Abi Thalib, kemudian zaid bin haritsah, Dakwah kepada keluarga/kerabat terdekat berlangsung selama tiga tahun ini berhasil menarik belasan orang ke dalam islam, mereka disebut as sabiqun al awwalun (penganutislamawal)
Dakwah terang-terangan
Pada tahun keempat kenabian, turun wahyu yang memerintahkan dakwah secara terbuka (QS 26:214-216), Sikap Abu Lahab, yang awalnya senang atas kelahiran kemenakannya namun setelah kemenakannya ini menyampaikan risalah Allah maka ia pun memusuhinya, Dakwah pertama islam, nabi kembali mengundang sekitar empat puluh orang, Abu lahab menentangnya dan menghimbau  kepada saudara-saudaranya untuk mencegah dakwah Muhammad ke khalayak Arab lebih luas. Abi thalib”Demi Allah, selama kami masih hidup, Muhammad akan kami bela”
Nabi mulai menyeru masyarakat umum kepada islam,nabi pergi ke bukit shafa di dekat ka’bah berdiri dan memanggil orang-orang. Terlebih dahulu nabi berkata “saudara-saudara ku, jika aku berkata di belakang bukit ini ada pasukan musuh yang besar, percayakah kalian?’. Dengan serentak mereka menjawab”Percaya, kami tahu anda belum pernah berbohong. Kejujuran anda tidak ada duanya. Anda lah yang mendapat gelar al amin, orang yang terpecaya”
nabi kemudian menjelaskan bahwa ia telah ditunjuk Allah “sembahlah hanya Allah semata. Tidak ada Tuhan setelahNya, bila kalian ingkar, kalian akan terkena azabNya. Penyesalan kemudian tidak ada gunanya”….  Khotbah ini menimbulkan tanggapan yang beragam, sebagian beteriak, ada juga yang diam, ada yang pulang, ada pula yang mengejeknya sebagai orang gila. Abu lahab berteriak sambil berkata” celakalah engkau,Muhammad. Untuk inikah engkau mengumpulkan kami?”
Meskipun dakwah dilakukan secara terbuka,nabi tetap melarang orang yang sudah masuk islam untuk menyatakan keislamannya, Akan tetapi pemenjaraan dan penyiksaan terhadap kaum muslimin makin menjadi-jadi, mereka dipaksa meninggalkan agama barunya, Melihat ini nabi bersabda”bertebarlah kalian di muka bumi (Habasyah/Ethiopia)” pada tahun kelima kenabian
Gelombang kedua masuk islam di Mekah:abu ubaidah,abu salamah,arqam bin arqam,usman bin mahzum,qudamah,abdullah bin mahzum,ubaidah bin harits,sa’id bin yazid,fatimah,asma, dan aisyah, Arqam bin arqam menyediakan rumahnya, yang terletak di lereng bukit shafa, dekat ka’bah sebagai tempat pembinaan orang-orang yang telah masuk islam
Ejekan kaum quraisy
Fanatisme quraisy, dalam Muhammad at Mecca fanatisme kaum quraisy untuk tetap mempertahankan kepercayaan lama berkaitan erat dengan kehidupan ekonomi.ka’bah sebagai tempat berhala yang mereka sembah banyak diziarahi orang-orang arab dari segala penjuru.sehingga meningkatkan perdagangan kaum quraisy mekah
Tauhid dan berhala, dalam rangka menjelaskan tauhid, nabi mulai mempertanyakan berhala yang disembah.tindakan ini dianggap tabu dan menjadi masalah besar.
  • Ancaman terhadap Muhammad
  • Perlindungan Abi Thalib
  • Pertemuan kaum quraisy dan abi thalib, untuk memaksa abi thalib agar tidak melindungi nabi
  • An Nadr bin Haris dab Uqbah bin Abi Mu’ait diutus untuk bertanya kepada rabbi Yahudi
  • Pertanyaan kepada Nabi
  • Jawaban dari wahyu
  • Penyiksaan teradap budak muslim, diantaranya bilal,amr bin fuhairah, dan ummu ubais
  • Cemoohan dari Ummu Jamil, meskipun dilindungi oleh bani hasyim dan bani abdul muthalib. Ummu jamil, istri dari abu lahab melemparkan kotoran ke depan rumah nabi.
Semakin hari makin banyak yang masuk islam, tapi penyiksaan kaum quraisy pun semakin marak. Hijrah ke Etiopia, nabi meminta kepada raja Etiopia, Negus agar kaum muslimin dibolehkan bermigrasi ke negerinya. Negus menyambut kaum muslimin yang hijrah ke negerinya dan menolak desakan kaum jahiliyah agar menyerahkan mereka kepada penguasa mekah. Pada 615 kaum muslim hijrah ke Habasyah, seluruhnya berjumlah 11 lelaki dan 4 perempuan
Tekanan kaum jahiliyah mekah terhadap diri nabi dan penganutnya, dilakukan berupa pelecehan, penghinaan,pemenjaraan,isolasi,embargo,dan boikot.
Boikot, pada 616-619 nabi bersama klan Hasyim dikurung di lembah/syi’ib Abu Thalib, kaum jahiliyah membuat selebaran yang berbunyi:tidak boleh kawin dengan keluarga bani hasyim; tidak boleh melakukan jual beli; tidak boleh keluar dari syi’ib kecuali untuk haji dan umrah
pencabutan boikot
Al walid bin mughirah dan pemimpin yang lain mengusulkan agar kedua pihak sama-sama menjalankan ibadah bersama (islam dan kepercayaan lama). Nabi menolak kerangka ini dan turunlah wahyu (QS.109). Kewibawaan quraisy yang merasa tertekan oleh penolakan tersebut
Meninggalnya Abu Thalib dan Khadijah, pada 620 M, setahun setelah boikot. Nabi kehilangan dua orang yang paling dekat dan paling dicintainya. Pamannya Abu Thalib meninggal dunia, dan tiga bulan kemudian disusul oleh istrinya Khadijah yang selalu diingatnya sampai pada hari akhirnya
Nabi yang mulia terus dihina
Tatkala ketua klan Hasyim Abu Thalib wafat, jabatan ketua berallih ke saudaranya Abu Lahab yang menghentikan perlindungan terhadap nabi sehingga setiap orang dapat saja membunuh nabi. Hijrah ke Tha’if, tiga tahun sebelum hijrah Nabi berangkat ke Tha’if bersama Ali. Setelah perjalanan selama dua hari, beliau tiba di Thaif, di sana nabi dilempari dengn batu sampai kepalanya berdarah
Nabi menemui tiga orang bersaudara,Abdul  Yalil bin Amru, Mas’ud bin Amru, dan Habib bin Amru. Nabi mengajak mereka masuk islam dan sekaligus memberikan perlindungan kepada nabi tapi mereka menolak dan menghinanya
Di Thaif, nabi tinggal selama 10 hari, setelah mengislamkan seorang budak kristen bernama ‘Addasyang bekerja di perkebunan Thaif, Nabi mengunjungi klan sha’sha’ah dan klan syaiban namun mereka tidak mau menolongnya
Isra Mi’raj
  • Baiat Aqabah pertama, 12 orang yastrib masuk islam, 2 diantaranya wanita pada 621M. 2 diantaranya klan Aus dan sisanya klan khazraj
  • Baiat Aqabah kedua, 75 orang yastrib, 2 diantaranya wanita, pada 622M
  •  hijrah ke Yastrib
  • Wahyu di mekah berkaitan dengan: keesaan Allah; akhirat serta pembalasan;kesucian jiwa; akhlak mulia;persatuan; dan persaudaraan
  • Ayat mengenai persatuan dan persaudaraan merupakan bagian yang sangat penting mengingat perebutan kekuasaan setiap kabilah serta permusuhan antar suku yang sulit berakhir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s