Kebenaran itu Ilusi

ImageIlmu menjadi pembahasan yang begitu rumit ketika kita membicarakan metodologi dan objek dari ilmu tersebut. Sudah cukup lama modernitas mengubah gaya hidup peradaban dan corak pemikiran pada zaman sekarang. Ilmiah dan metode ilmiah struktural empiris menjadi standar pengkururan kebenaran. Mengetahui sesuatu dan menerima sesuatu juga menjadi hal yang berbeda, bisa jadi kita memahami sesuatu tersebut akan tetapi secara aksiologi dalam kehidupan nyata kontradiksi dengan pemahaman yang kita pahami sebelumnya, jurang pemisah antara ilmu dan terapan dalam perilaku merupakan krisis moral yang kita hadapi pada saat ini.

Semangat ilmiah logis hipotesis dan verifikatif juga dipaksakan pada ilmu social yang bersifat relatif,kontekstual, dan tidak pasti. Bagi saya kebenaran mutlak itu tidak ada, yang ada pada saat ini hanya “Dinamika mencari kebenaran”  semangat Sains yang terlihat pasti juga dipenuhi oleh asumsi-asumsi yang berusaha dibuat oleh para saintis untuk menyelamatkan teori-teori yang ia bangun maka dari itu Einstein berkata bahwa dalam sains masih banyak terjadi “klaim ilmu pengetahuan” seperti adanya “dark energy” dan segala entitas yang belum diketahui pada zamannya.

 

Mengatakan kebenaran mutlak pada Sains itu sendiri adalah sebuah oxymoron karena Sains selalu mengkoreksi teori-teori sebelumnya. Dalam ilmu sosial kerelatifan terasa semakin nyata tanpa bermaksud setuju sepenuhnya dengan nihilisme saya setuju jika tidak ada “kebenaran mutlak” yang ada hanya “interpretasi”  saya mencurigai bisa jadi perdebatan para pemikir selama ini hanya faktor masalah interpretasi, sudut pandang, atau hanya masalah linguistik belaka yang tidak dapat menggambarkan dari substansi yang dimaksud.

One thought on “Kebenaran itu Ilusi

  1. In fact social networks have revolutionized our lives by incorporating all the basic elements
    of a person’s social life in one place. Google+ is a social networking site that has a range of different features that you can use to
    connect with patients and other healthcare
    professionals. The more powerful the image, the more interest you will provoke
    in visitors to your profile which in turn will result in your profile attracting more followers.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s