Akar Gerakan Takfiri di Indonesia

          url Gerakan takfiri menjadi sebuah ancaman baru bagi seluruh Negara di dunia yang memberikan gambaran yang negative terhadap ajaran agama islam yang dipandang mengajarkan kekerasan. Para takfiri tanpa mereka sadari mengubah agama islam dari sebuah agama menjadi ajaran ideology. Pada akhirnya islam menjadi senjata politik untuk mendiskreditkan dan menyerang siapapun yang pandangan politiknya dan pemahaman keagamaannya berbeda dari mereka. Jargon memperjuangkan islam pada dasarnya adalah memperjuangkan suatu agenda politik tertentu dengan menjadikan islam sebagai kemasan dan senjata. Langkah ini menjadi sangat ampuh karena setiap yang melawan mereka akan dituduh melawan islam. Padahal jelas tidak demikian faktanya. Kita harus sadari jika islam diubah menjadi ideology politik ia akan menjadi sempit karena dibingkai oleh batasan-batasan ideology dan platform politik. Karena watakdasar tafsir ideology politik adalah menguasai dan menyeragamkan. Dalam bingkai inilah aksi terhadap pengkafiran sering dituduhkan pada orang lain yang berseberangan dengan mereka.

                Perubahan ini dengan jelas mereduksi dan mengamputasi pesan luhur islam dari agama yang penuh kasih saying dan toleran menjadi seperangkat batasan ideology yang sempit dan kaku. Pada umumnya aspirasi kelompok takfiri di Indonesia dipengaruhi oleh gerakan transnasional di timur tengah, terutama yang berpaham wahabi dan ikhwanul muslimin atau gabungan dari keduanya. Padahal selama ini islam Indonesia dikenal lembut, toleran dan penuh kedamaian (majalah international newsweek pernah menyebut islam Indonesia sebagai “islam with a smiling face”). Jargon membela islam sering memperdaya banyak orang bahkan pada kalangan intelektual yang tidak terbiasa berpikir agamis dan spiritual terpengaruh pada symbol-simbol agama dan kekuatan dogmatic yang diajarkan oleh para takfiri. Para takfiri memandang bahwa para muslim lain yang berbeda dengan mereka sebagai kurang islami, atau bahkan kafir. Maka mereka melakukan infiltrasi ke masjid-masjid, lembaga-lembaga pendidikan, instansi pemerintah dan swasta untuk mengubahnya menjadi keras dan kaku. Di Indonesia maraknya takfiri lebih disebabkan oleh gagalnya Negara mewujudkan cita-cita kemerdekaan berupa tegaknya keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

             Keunikan dari gerakan takfiri adalah mereka anti demokrasi akan tetapi mereka memakai lembaga Negara demokratis untuk menyalurkan cita-cita politiknya. Fakta ini memberikan kita satu hal bahwa tidak ada kejelasan antara teori dan praktek dari ajaran ini. Tentang klaim-klaim implisit takfiri bahwa mereka sepenuhnya memahami maksud kitab suci dan karena itu mereka berhak menjadi wakil allah swt dan menguasai dunia untuk memaksa setiap orang mengikuti pemahaman sempurna mereka. Pernyataan ini tidak dapat diterima baik secara teologis maupun politis. Begitu banyak kasus yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh ajaran-ajaran takfiri yang mengganggu toleransi Bergama.

             Terutama di saat pemilu pada tahun ini dimana banyak nama-nama dari tokoh syiah di Indonesia diajukan oleh beberapa partai besar untuk menjadi wakil rakyat di parlemen. Para calon wakil rakyat dari kelompok syiah selalu diserang dengan kampanye hitam dari para takfiri, sebagai contoh Dr. Jalaludin Rakhmat maju sebagai wakil rakyat dengan perolehan suara sebesar 56 ribu lebih suara walaupun telah banyak kampanye hitam yang dialamatkan padanya dari para takfiri. Akan tetapi dengan kampanye hitam dan serangan itu justru membuatnya semakin terkenal dan rakyat mengetahui kebenaran sebenarnya sehingga suaranya pun menjadi melonjak dan menjadi wakil rakyat terpopuler di jawa barat. Kampanye hitam yang dilancarkan oleh para takfiri menjadi boomerang bagi mereka karena dengan itu mereka memuluskan jalan bagi para tokoh syiah masuk ke pemerintahan.

14 thoughts on “Akar Gerakan Takfiri di Indonesia

  1. Pingback: TAKFIRI : Tantangan Umat Islam di Indonesia | Memaknai Kehidupan

  2. aku percaya islam punya ideologi politik sendiri yang berbeda namanya khilafah islamiyah. ini wajib dan ada di al-qur’an dan kitab-kitab salaf. demokrasi itu batil sebab bukan dari islam dan menafikan hukum Islam dalam pemerintahan dan politik. demokrasi membangun kehidupan sekulerisme sehingga memisahkan islam dari kehidupan sehingga islam tidak diterapkan secara kaffah.
    Jalaludin rahmat beneran syiah.
    meskipun begitu aku tidak mengakafirkan ormas yang lain. maaf aku tak tahu gerakan takfiri yang saling mengkafirkan itu sebab aku belum ketemu mereka. sepertinya dari penjelasan di atas gerakan takfiri itu salafi dan PKS ya? salafi kan wahabi lalu ikhwanul muslimin itu PKS.
    orang-orang islam yang mereka itu menolak demokrasi. aku pun menolak demokrasi tapi ada saudara-saudaraku dan mereka yang bekerja di pemerintahan. saudara2ku bekerja di jadi PNS sebagai adminitrasi. mereka bekerja sebagai sebagai PNS dengn akad ijarah/ karyawan. hal itu boleh dalam islam. yang tidak boleh adalah pengambil keputusan dan kebijakan dalam pemerintahan seperti presiden, menteri, gubernur, walikota. mereka pengambil kebijakan dalam pemerintahan dan jelas terlibat dalam demokrasi sebab lewat pemilu. pemilu itu terikat dengan demokrasi saat ini. jalannya kampanye, parpol dll.
    sedangkan karyawan administrasi itu beda dari pemerintahan dan ideologi. dalam demokrsi karyawan administrasi ada. dalam komunisme karyawan administrasi ada dalam khilafah islamiyah juga ada. jadi kita harus bisa memdakan mana pemerintahan, mana administrasi. mana pemerintah mana karyawan.
    berbicara tentang gerakan transnasional islam lalu menjelek-jelekkannya itu adalah sikap yang sempit dan buta sejrah. bukankah islam di indonesia itu dari wali songo?
    asalnya dari mana wali songo?
    bukankah mereka dari arab? mereka dari palestina, makkah, cina dan lain-lain. dan tolong diingat islam itu agama internasional. islam tidak mengenal negara bangsa macam indonesia, melayu, irak, iran, eropa dll. islam agama untuk seluruh umat manusia. jadi tidak sepantasnya islam dibatasi, lalu menganggap gerakan islam transnasional. justru gerakan islam internasional itu hebat sebab jaringan mereka menjangkau seluruh dunia. gerakan islam internasional itu bertujuan menyatukan seluruh umat islam sedunia menjadi satu negara, negara khilafah islamiyah.
    kalau dipaksakan islam indonesia iu berbeda dan unik, maka dia berbeda dari islam rasulullah. Rasulullah bukan orang indonesia. para sahabat, khulafaur rasyidin juga bukan. tabiin dan tabiit tabiin juga bukan indonesia.
    islam adalah satu-satunya agama benar. setiap muslim wajib meyakini itu sebab menyangkut masalah aqidah. kita bisa baca di QS ali imron 19 dan 85. kita juga harus yakin hukum islam paling baik. kalau tidak yakin hukum islam yang paling baik, lalu yakin hukum selain islam itu lebih baik bisa kafir. dalilnya ada di QS al-maidah: 44. karena itu mereka mengkafirkan. cuma aku gak segampang itu mengkafirkan. aku gak tahu isi hati orang kayak gimana.

  3. tentang islam menjelaskan manusia sebagai wakil Alloh di bumi itu ada di surat Al-baqoroh ayat 30. cara jadi wakil Alloh dengan agama islam dan khilafah islamiyah, cuma penegakan khilafah dan pemerintahannya aku gak tahu tentang takfiri itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s